Friday 16 October 2015

Tips otomotif : Mematikan mesin mobil

Salah satu kebiasaan pengemudi yang tidak tepat adalah terburu-buru mematikan mesin saat sudab parkir, baik di tempat umum maupun garasi rumah. Kebiasaan ini bisa berimbas tidak baik bagi umur mobil, terutama mesin.

Pengemudi sering langsung memutar posisi kontak ke posisi off atau sembari menekan pedal gas. Teknik ini sebenarnya cara lama yang diterapkan mobil zaman dahulu, yang hal itu dilakukan untuk mengisi aki. Namun, mobil modern sudah menggunakan altenator yang menghasilkan listrik bolak-balik.

Cara ini justru berpengaruh pada pelumasan mesin. Pada zaat putaran tinggi yang mesin memerlukan pelumasan, tetapi karena langsung dimatikan, pelumasan menjadi berkurang. Selain itu,temperatur mesin sedang tinggi,yang tentu saja komponennya masih mengembang, apabila langsung dimatikan akan merusak dinding silinder.

Hal ini kalau sering dilakukan akan membuat mesin aus atau jebol. Oleh karena itu, sebaiknya diamkan dulu putaran mesin selama beberapa saat sampai benar-benar dalam keadaan statis. Setelah itu, baru putar kunci kontak ke posisi off.

Selain itu, sebaiknya Anda kecilkan volume suara atau matikan sistem audio kendaraan. Setidaknya dengan cara ini arus listrik tidak tersimpan di sistem audio.

Bagi mobil power steering, sebaiknya luruskan  an mobil Anda dulu sebelum mematikan mesin mobil. Hal ini untuk menghindari aus pada power steering dan kondisi penggerak roda Anda. Terakhir, jangan matikan mesin sebelum mematikan AC.

Semoga bermanfaat :)
Sumber: koran kompas,jumat 9 oktober 2015

No comments:

Post a Comment