Wednesday 21 October 2015

Desain Komunikasi Visual

Halo, pagi ini saya mau sharing tentang apa sih sebenenernya Desain Komunikasi Visual itu.....
Dikarenakan saya pagi ini ngobrol sama adik kelas yang ragu-ragu buat masuk DKV. Buat teman-teman yang ingin belajar tentang Desain Komunikasi Visual mungkin bisa sedikit terbantu dengan sharing saya kali ini....

Saya tidak akan menjelaskan tentang Desain Komunikasi Visual secara teori, karena hal-hal tersebut bisa dicari sendiri di google. Tapi yang saya ingin sharing disini adalah pengalaman saya sebagai mahasiswi Desain Komunikasi Visual UNS angkatan 2011 :D

Masih ada banyak orang yang engga ngerti DKV itu apa. Sering banget ditanyain, kamu kuliah apa? "Aku kuliah DKV om", "DKV? Apaan tuh?", ""Desain Komunikasi Visual om", "apaan tuh?", "Desain grafis -____-", Mungkin anak DKV paling engga pernah ngalamin ini. Orang lebih ngerti Desain Grafis daripada Desain Komunikasi Visual. Padahal nama jurusan udah keren banget nih, DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, tapi endingnya tetep aja orang ngehnya Desain Grafis. pffttt :3

 Di DKV ini kita banyak belajar banyak hal, kalau di beberapa universitas, di dalam perkuliahan DKV nanti mahasiswanya akan dijuruskan lagi sesuai bidang yang diinginkannya. Misalnya Fotografi,Animasi, Desain Produk, dll. Tapi di UNS kita mahasiswa DKV tidak ada penjurusan itu, sehingga kita akan belajar beberapa bidang dari DKV. Dulu waktu pertama masuk kuliah, saya pikir juga akan ada penjurusan seperti itu,tetapi ternyata tidak ada. Kita lihat dari sisi positifnya saja, saya jadi belajar tidak hanya satu bidang saja tetapi beberapa bidang DKV.

Perkuliahan awal sebagai mahasiswa DKV mungkin terasa membosankan karena kita kuliah DKV kan inginnya langsung bekerja menggunakan laptop/komputer, tami di semester awal kita masih berhadapan dengan mata kuliah umum dan tugas-tugas gambarnya masih manual ( menggunakan pensil ) .tapi setelah semester 3 udah mulai digital kok, jadi sabar yah :D

Di DKV ada beberapa bidang yang akan kita pelajari, antara lain Fotografi,Desain kemasan,Proses cetak, Nirmana Dwimatra dan trimatra, Sketsa, Animasi dan masih banyak lagi. Mata kuliah juga tergantung sama universitasnya juga sih, mungkin sama nama mata kuliahnya, tapi materinya beda juga ada :3

Berdasarkan obrolan yang saya lakukan sama beberapa orang, orang-orang cenderung menyimpulkan bahwa DKV itu bidang kerjanya cuma di periklanan saja. Mereka tidak tahu bahwa bidang kerja DKV sangat luas, bahkan DKV bisa masuk di semua bidang kerja yang kita hadapi sehari-hari. Rumah Sakit? DKV bisa masuk disitu buat ngerjain promosi . Kepolisian? DKV juga bisa masuk, ya hal paling kecil kaya ngurusin foto SIM juga bisalah, atau paling parah jadi tukang foto di crime scene gitu hehehe XD .

Saya sempat membaca beberapa blog yang menuliskan penyesalan karena telah masuk DKV. Kalau boleh berpendapat, menurutku DKV itu asyik lho. Mungkin awalnya juga saya merasakan susah banget sih kuliah DKV, tapi kalau berbicara tentang susah, semua jurusan juga pasti susah. Kalo kita usaha juga pasti bisa kan. Buktinya saya bisa ngejalanin sampe semester 8 nih. 

Trus juga banyak yang bilang DKV kuliahnya makan banyak duit. Mmmm, berdasarkan pengalamanku lho ya, kalau dibandingin sama Desain Interior, Desain tekstil, sama Seni Rupa, tugas-tugas DKV itu hitungannya murah lho. Kalo Interior itu sekali maket bisa makan 5 juta cuma buat bikin 1 kursi. Kalo buat DKV 5 juta, bisa buat bikin tugas dari awal kuliah sampe akhir kuliah hihihihi XD. Trus emang sih peralatan DKV mahal, tapi kan kamu engga harus beli kan sob? Kamu bisa nebeng punya temen kamu, atau bisa nebeng kampus. Kalaupun kamu beli peralatan misalnya kaya pen tablet, atau kamera, kan nantinya kalau kamu kerja masih bisa kamu pake gitu lho. Trus kalau misalnya nih, kamu udah bosen kamu bisa jual juga. Dan harganya juga engga jatuh-jatuh banget, soalnya kan kalau elektronik ngikut dollar hihihi XD

Tentang Tugas Akhirnya, mungkin banyak kakak tingkat yang merasa terbebani atau merasa susah, padahal kalau enjoy enak pake banget. Seperti saya nih ( ceritanya mau sharing tentang Tugas Akhir), udah dapet dosen pembimbing yang yoi banget, trus TAnya juga ambil yang temanya aku suka dan menguasai. Jadi aku sama sekali engga mengalami Tugas Akhir yang dipersulit dosen, ataupun harus mundur proses pengerjaannya. 

Mungkin sekian dulu ocehan saya, terima kasih sudah membaca, dan saya harap dapat membantu Anda :D

No comments:

Post a Comment