Monday 9 November 2015

Smudge Painting

Selamat pagi, sudah beberapa hari saya tidak update dikarenakan bolak-balik kampus buat ngurus wisuda nih hehehe. akhir-akhir in aku sangat tertarik dengan smudge painting. Apa sih smudge painting itu?

Seperti dari namanya, smudge painting adalah melukis dengan menggunakan salah satu tool yang ada di Photoshop yaitu smudge tool. Dengan tool ini kalian bisa menghasilkan efek goresan seperti goresan kuas. Tapi juga tergantung dengan type brush yang kamu pakai yah sob.

Untuk tutorial smudge, kalian bisa klik disini. mengingat aku juga blom terlalu mahir melakukan smudge painting hihihi. tapi tetep aku copas ke sini nih guys :)

1. Siapkan Stok foto  DOWNLOAD DISINI yang akan kita gosok, untuk resolusi foto asli low ress sih tapi ketajamannya cukup baik untuk kita gosok dengan dimensi 468×700 pixel,, kita ubah dengan menekanCTRL+ALT+I menjadi width : 2000 heigth : 1337,, karena akan berpengaruh pada ukuran brush yang akan kita gunakan.

2. Setelah resolusi foto kita ubah, di sini saya sedikit mengatur tone color menggunakan plugin perfectly clear, atau apabila tidak mempunyai pluginnya bisa juga dengan mengatur Brigthness/contrast + Level (note: plugin tidak menjadi acuan, itu karna saya sudah terbiasa saja menggunakan plugin tersebut) perubahan pun tidak terlalu menonjol.

3. Siapkan beberapa brush seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
    – FAUX FINISH BRUSHES (default’y photoshop)
    – GRUNGE BRUSHES BY TALEI STOCK DOWNLOAD DISINI
    – SMUDGE SET1 FROSBO (yang gambar paling bawah salah text mu di edit tanggung hehe)
       DOWNLOAD DISINI
 
Tapi jenis brush ini tidak paten, kalian bisa menggunakan brush sesuai selera dan kebutuhan kamu yah :)
 
4. Klik Filter>>Filter Gallery>>Brush Strokes>>Crosshatch seperti terlihat pada gambar 
Note : nilai Stroke Length+ sharpeness+ Strength tidak menjadi acuan,, tergantung kualitas dari foto tersebut
 
5. Masih di dalam filter Gallery klik new layer (gambar kertas dikanan bawah) Artistic>>paint Daubs
sesuai seperti terlihat pada gambar.
Note : nilai brush size + sharpeness tidak menjadi acuan,, tergantung kualitas dari foto tersebut
 
6.  Gosok seluruh objek menggunakan Smudge Tool, saya terlebih dahulu biasa menggosok bagian-bagian seperti lekukan pada wajah hidung baju, untuk rambut ikuti arah rambut terjatuh naik turun.
- untuk bagian rambut saya menggunakan Brush Faux Finish Plastic Wrap Ligth 90 Pixel dengan Diameter Brush: 60-70, Strength: 70-80 apabila ada bagian yang belum tergosok jangan sungkan untuk memperkecil diameter brush untuk bagian terkecil.
- untuk di bagian Kulit saya menggunakan brush Faux Finish Stencil Sponge – Twirl dengan Diameter Brush: 20-30, Strength: 50-55, dan untuk memperhalus saya menggunakan brush GRUNGE BRUSHES BY TALEI STOCK Strength: 20-30
-untuk bagian baju saya menggunakan Brush Faux Finish Stencil Sponge – Twirl dengan Diameter Brush: 60-70, Strength: 60-70 apabila ada bagian yang belum tergosok jangan sungkan untuk memperkecil diameter brush.
 
7.  Hasil gosokan pertama. (loooohh pertama emang berapa kali gosok ??? saya juga masih mengeksplore gimana caranya biar cuma satu kali gosok)
 
8. Klik Filter>>Noise>>Reduce Noise atur kembali nilainya
 
9.   Klik Filter>>Filter Gallery>>Artistic>>Paint Daubs atur kembali nilainya
 
10.  Gosok kembali seluruh objek dengan brush yang sama seperti gosokan pertama, atur strength sesuai selera, jangan sungkan memperkecil diameter brush untuk bagian terkecil.
 
 11. Tekan CTRL+L pilih channel blue atur nilainya 

Source : http://photoshopku.net/teknik-smudge-painting-manual-dengan-photoshop/ 
             http://photoshopku.net/tutorial-smudge-painting-dengan-photoshop/

Berikut beberapa karya saya menggunakan teknik smudge painting :)



No comments:

Post a Comment